SEJARAH TERBENTUKNYA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Posted on 55 views

SEJARAH TERBENTUKNYA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia terjadi pada tanggal 17 agustus 1945. Peristiwa tersebut sebagai salah satu rangkaian peristiwa sebelumnya. antara lain peristiwa yang datang dari luar indonesia dan peristiwa dari dalam wilayah Indonesia. diantara nya adalah

1.peristiwa luar negri

Ekspansi jepang dalam perang Asia Timur raya tidak selamanya mendatangkan hasil, lalu pada tanggal 7 mei 1945 armada jepang mengalami kekalahan dalam pertempurannya di laut karang. Mulai dari sinilah kesuksesan jepang di medan perang menjadi lumpuh. Kekalahan-kekalahan yang di alami Jepang membuat Jepang semakin meningkatkan propagandanya di wilayah Indonesia. akibat dari keadaan yang semakin memburuk itu lalu jepang mengambil sikap politik yang luwes terhadap daerah-daerah jajahannya. Mulai awal tahun 1943 perdana menteri Tojo memerintahkan untuk melakukan penyelidikan tentang kemungkinan untuk memberikan kemerdekaan terhadap daerah-daerah yang didudukinya termasuk Indonesia,
janji kemerdekaan itu semakin jelas setelah pada bulan juli 1944. Pulau Saipan yang daerahnya strategis sudah dapat di kuasai oleh pasukan Amerika Serikat keadaan itu juga yang mengakibatkan jatuh nya perdana menteri (PM) Tojo. Sebagai pengganti PM Tojo. diangkatlah Koiso sebagai PM Jepang. sampai tahun 1944 Jepang terus mengalami kekalahannya dalam melawan sekutu. Untuk mempertahankan kekuasaan, PM Koiso mengeluarkan “Janji Kemerdekaan” dalam rangka propaganda untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar mau membantu perang jepang dalam melawan sekutu. Pada tanggal 1 maret 1945 Letjen Kumakici Harada (pemimpin militer di jawa) mengumumkan pembentukan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

badan ini bertugas untuk mempersiap kan hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan negara merdeka seperti Undang- undang dasar, tata pemerintahan dan dasar negara. Adapaun anggota nya berjumlah 68 orang yang diketahui oleh DR. Radjiman Widyodiningrat dengan dua orang wakil nya yaitu Raden Pandji Soeroso dan Icibangase.

perkembangan berikutnya BPUPKI di bubarkan dan sebagai gantinya lalu di bentuklah Dokuritsu Zyunbi Inkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Peresmian pembentukan badan itu di laksanakan pada tanggal 7 Agustus 1945 sesuai dengan keputusan jendral Terauchi yakni panglima tentara umum selatan yang membawahi semua tentara Jepang di Asia Tenggara.

Pada tanggal 9 Agustus 1945 Jendral Terauchi memanggil tiga pemimpin yaitu Ir, Soekarno, Drs. Mohamad.Hatta, juga Mr Radjiman Widyodiningrat ke Dalat, Vietnam. Dalam pertemuan di Dalat itu Jendral Terauchi menyampaikan bahwa pemerintah Jepang mengambil keputusan untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia yang wilayah nya meliputi seluruh bekas jajahan wilayah Hindia Belanda.
Akhirnya di awal tahun 1945 Jepang semakin terdesak oleh pasukan sekutu dalam perang Asia Timur Raya. Pasukan sekutu di wilayah Pasifik yang di pimpin oleh jendral Mac Arthur berhasil menguasai satu persatu wilayah yang pernah di kuasai oleh Jepang.
Dalam hal ini Jepang berfokus untuk berusaha menarik perhatian daerah jajahannya dengan janji suatu kemerdekaan.
Pada tanggal 7 agustus 1945 Jendral Terauchi ( panglima tentara Jepang di Asia Tenggara) mengumumkan terbentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pada tanggal 9 agustus 1945 sebagian anggota PPKI di panggil oleh jendral Terauchi ke Dalat. Anggota PPKI yang di panggil adalah Ir. Soekarno (ketua), Moch. Hatta (wakil ketua), dan Radjiman Widyodiningrat sebagai (anggota). mereka di terima oleh jendral Terauchi pada tanggal 12 agustus 1945,

pada tanggal itu juga (14 agustus 1945) Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada sekutu. penyerahan secara mendadak tersebut tidak lepas dari peristiwa pemboman yang di lakukan oleh pihak sekutu kepada jepang. Tanggal 6 dan 9 agustus 1945 kota Hiroshima dan Nagasaki di jatuhi bom atom yang mengakibatkan kedua kota itu hancur lebur dalam seketika.
peristiwa kekalahan jepang atas sekutu tersebut di rahasiakan

oleh jepang sendiri.
Pada saat itu dikalangan pejuang Indonesia terdapat dua kelompok, pertama kelompok yang di kenal sebagai golongan tua yang berpendapat bahwa proklamasi kemerdekaan harus di tetap kan melalui PPKI yang di anggap sudah mewakili seluruh rakyat Indonesia sementara kelompok kedua di kenal sebagai golongan muda. kelompok ini menginginkan kemerdekaan harus segera di laksanakan tanpa campur tangan jepang termasuk PPKI di dalam nya.

Demikian lah mimin sampaikan tentang sejarah terjadinya kemerdekaan negara republik indonesia yang kita cintai semoga bermanfaat dan menjadikan, kebanggaan atas perjuangan paratokoh pembangun negriini…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.